Berburu Beasiswa di Kampus


Saat ini, mahasiswa dari kalangan kurang mampu dapat berkuliah secara gratis sampai lulus melalui beasiswa bidikmisi. Sebaliknya, mahasiswa yang mampu secara ekonomi akan membiayai kuliahnya dengan dana sendiri. Meski begitu, bagi yang tak termasuk penerima bidikmisi ternyata bisa mendapat kesempatan beasiswa prestasi selama kuliah.

Beasiswa prestasi diperoleh jika seorang mahasiswa memiliki rekam akademik yang baik selama kuliah. Salah satu beasiswa prestasi yang paling populer di kampus adalah beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBM).

Beasiswa PPA dan BBM banyak diminati lantaran kuota di setiap kampus yang cukup banyak. Syaratnya, pendaftar harus menunjukkan prestasi akademis yang baik. Pendaftaran beasiswa ini bisa dilakukan di semester kedua dengan menunjukkan nilai rapor dan ijazah, serta indeks prestasi (IP) semester pertama.

Selain PPA dan BBM, beasiswa prestasi lain juga ditawarkan oleh berbagai lembaga swasta. Oleh sebab itu, selalu perbarui informasi beasiswamu melalui laman dan media sosial kampus. Di kampus sendiri biasanya ada loket informasi beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk berburu beasiswa.

Selain IP yang bagus, untuk mendapat beasiswa prestasi mahasiswa juga harus aktif di berbagai organisasi atau kegiatan. Pasalnya, pihak penyelenggara beasiswa atau sponsor mencari mahasiswa yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik tetapi juga aktif dalam kegiatan organisasi.

Terakhir, siapkan berkas-berkas penting yang umum dijadikan syarat seleksi beasiswa. Mahasiswa sering kehilangan kesempatan beasiswa lantaran malas melengkapi berkas, ditambah jangka waktu pendaftaran yang sempit

Sumber